Jumat, 23 April 2010

Kaos, Media Promosi Perusahaan

Kaos adalah sebuah media yang tepat untuk digunakan sebagai sarana promosi. Sebagai salah satu jenis pakaian yang modelnya paling lama bertahan, produk bernama kaos ini sangat familiar di semua kalangan, tidak peduli dari mana asalnya, apa sukunya, pokoknya melewati semua batas itu, kaos adalah sebuah produk yang dikenal semua orang.

Dengan demikian, maka sangatlah wajar jika perusahaan menggunakan kaos untuk media promosi mereka. Lewat kaos promosi ini pesan promo yang ingin disampaikan oleh perusahaan akan gampang melekat pada konsumen karena medium produknya sudah sangat akrab dengan para konsumen.

Sebelum berlanjut ke topik kita yaitu kaos promosi, kita lihat dulu sejenak apa sebenarnya promosi itu.
Promosi merupakan salah satu dari 4 elemen dasar marketing atau pemasaran, keempat elemen itu adalah Product (Produk), Place (Tempat), People (Orang) dan Promotion (Promosi). Di ilmu marketing modern memang keempat elemen ini berubah sesuai dengan perkembangan dunia marketing glogal dan elemennya pun bertambah. Tetapi 4 elemen ini adalah elemen dasar sehingga tidak akan bisa dihilangkan dari dunia marketing, yang terjadi adalah perluasan makna dan adaptasi.

Sebagai salah satu elemem pemasaran, promosi menjadi sebuah program perusahaan yang harus dilakukan, baik itu oleh perusahaan besar maupun perusahan kecil-menengah. Bentuk promosi tentu saja berbeda-beda, ada yang berbentuk below the line dan above the line. Dan salah satu bentuk promosi perusahaan adalah dengan medium kaos.

Promosi menjadi penting karena beberapa alasan seperti, kebutuhan perusahaan untuk mengenalkan nama, tagline atau bahkan sebuah produk pada khalayak ramai. Ada pula program promo insidental, seperti diskon atau peluncuran produk baru yang memang memerlukan kecepatan untuk penyebaran informasi ke konsumen, sehingga dipilihlah medium kaos, selain dengan alasan seperti yang disebutkan diatas, juga dikarenakan kemudahan serta harga yang cukup murah.

Kaos promosi sudah pasti dibuat dengan cara pemesanan ke konveksi kaos, peluang yang cukup besar bagi pelaku konveksi mengingat begitu banyak perusahaan yang membutuhkan promosi lewat kaos. Dengan jumlah kaos promosi yang bisa dikustomasi serta desain yang tidak melulu sama untuk setiap program promosi,kaos promosi adalah medium standar yang sudah pasti dilakukan oleh perusahaan dalam melakukan promosi.

Bentuk yang paling sederhana darikaos promosi adalah pemuatan logo atau tagline perusahaan di bagian depan atau belakang kaos promosi. Logo di kaos promosi ini bisa berbetuk sablon, atau bordir. Biasanya logo atau kata-kata promo terletak di bagian tengah kaos dengan porsi ukuran yang cukup besar, agar mudah dilihat oleh konsumen. Bisa juga dibagian belakang, tetapi sebuah ciri yang umum adalah ukurannya yang cukup besar atau menjadi fokus dari desain kaos itu sendiri.

Untuk pelaksanaan teknis, kaos promosi bisa dilakukan oleh perusahaan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan mengadakan promo kaos hadiah, yang merupakan pelaksanaan sederhana tapi tetap ampuh dalam mempromosikan sesuatu dengan medium kaos.

Kaos hadiah adalah kaos promosi yang diberikan oleh perusahaan sebagai hadiah pada konsumen, biasanya dalam bentuk bundling dengan produk utama, misalnya beli shampo 4 buah akan mendapat kaos, atau membuat rekening di bank tertentu dan mendapatkan kaos. Serta bentuk promo kaos lain yang bisa bermacam-macam, dan bisa tidak terbatas untuk jenis perusahaan apapun.

Lalu dimana peran konveksi dalam kaos promosi ini? Jelas peran bisnis konveksi adalah memproduksi kaos promosi tersebut dengan mendapatkan order dari perusahaan. Dengan menjamurnya perusahaan yang memproduksi barang konsumsi mulai dari shampo sampai elektronik, sudah jelas peluang terbuka lebar.

Meski cara pembuatannya lebih mudah, misalnya dibandingkan dengan seragam dan toga, namun untuk kualitas jangan pernah menganggap remeh. Mulai dari kualitas kaos, kerapihan jahitan sampai elemen desain seperti sablon atau bordir harus sangat diperhatikan, kenapa semua ini menjadi penting salah satu alasannya adalah, penggunaan kaos promosi ini.

Mengingat kaos promosi adalah kepanjangan tangan bagi perusahaan untuk berkomunikasi dengan konsumen maka, secara tidak langsung apa yang tampak di kaos promosi tersebut juga mencermikan image perusahaan, misalnya kerapihan jahitan tentu akan berpengaruh pada kenyamanan pemakaian, juga bentuk pola kaos yang juga akan berhubungan dengan kenyamanan pengguna yang merupakan konsumen atau calon konsumen.

Kaos sebagai media promosi adalah penting bagi perusahaan oleh karenanya profesionalitas pelaku bisnis konveksi kaos dalam pengerjaan kaos promosi adalah mutlak.
Order kaos promosi ? Click Here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar