Sebagai salah satu program marketing, promosi memegang peran penting. Tentu saja, selain merupakan ujung tombak dari perusahaan itu sendiri yang berhubungan dengan penjualan, promosi juga memberikan pengembangan merek dan pengenalan produk dari perusahaan yang merupakan produsen pada konsumen yang merupakan pengguna produk.
Bentuk promosi sendiri selalu berbeda-beda dari satu perusahaan ke perusahaan lain, tapi secara garis besar tetap ada benang merahnya. Beberapa perusahaan memilih produk-produk tertentu sebagai sarana berpromosi mereka, misalnya satu perusahan memilih menggunakan kaos sebagai media promosi perusahan lain mencari produk yang lebih elegan atau berkelas tapi tetap dalam range harga yang terjangkau.
Salah satu media promo yang masuk kategori tersebut adalah kaos promosi polo atau biasa disebut juga dengan kaos promosi kerah. Promosi dengan menggunakan kaos promosi polo / kaos promosi kerah bisa diperuntukkan untuk perusahaan-perusahaan yang diharuskan menjaga image mereka di hadapan konsumen. Karena sifanya yang langsung, promosi berguna juga untuk semata-mata menjaga kredibilitas perusahaan mereka, karena kaos promosi bagi sebagai orang masih memberikan image kurang resmi, sehingga pemberian kaos promosi oblong sebagai sarana hadiah atau promosi kadang menjadi kurang tepat. Sedangkan polo shirt yang merupakan kaos promosi berkerah bisa lebih tampak resmi, karena di tingkat lokal atau di Indonesia, biasanya baju lengan pendek resmi ditandai dengan ciri-ciri berkerah.
Kaos promosi polo atau kaos promosi kerah atau polo shirt pada awalnya merupakan pakaian olahraga, ada dua olahraga yang menggunakan baju jenis ini, olahraga polo dan olahraga tenis. Meski digunakan untuk olahraga, namun tipe kaos promosi ini seiring waktu berkembang dalam penggunakaanya juga untuk keperluan diluar olahraga. Dengan aura sportif yang dibawanya, polo shirt menjadi pilihan yang 'aman' dalam berpakaian, karena casual namun tetap terkesan rapih.
Kaos promosi ini, meski modelnya yang terkesan standar dalam pembuatannya tapi tetap mempunyai bentuk dan ciri-ciri yang khas dan memerlukan ketelitian dalam memproduksinya.
Secara standar kaos promosi ini mirip dengan kaos promosi oblong, namun berkerah, beberapa ciri lain yang ada di kaos promosi ini antara lain, terdapat kancing dibagain v neck-nya, biasanya terdapat 3 kancing tergantung jenis dan modelnya, lalu untuk beberapa model terdapat manset, yang merupakan bagian ujung lengan kaos promosi. Ada juga kaos promosi kerah yang menggunakan kantong di bagian dada kiri, yang selain berguna untuk fungsionalitas juga sebagai aksesoris.
Bagi para pelaku bisnis konveksi kaos promosi polo, bagian-bagain ini merupakan bagian dari polo shirt yang sangat penting untuk diperhatikan, karena kerapihan serta kulaitas polo shirt ditentukan dari bagian-bagian tersebut. Misalnya untuk model kaos promosi polo yang menggunakan sistem menjahit knitted cloth, biasanya manset menggunakan bahan tertentu yang sama dengan bahan yang digunakan untuk kerah.
Dengan seiring perkembangan jaman serta beberapa brand polo shirt yang kini tenar di kalangan mode, polo shirt telah menjadi trend fashion tersendiri, meski tidak semua polo shirt juga digunakan untuk fashion, salah satu penggunaan lain dari kaos promosi kerah adalah untuk kepentingan promo.
Para pelaku konveksi polo shirt bisa mulai mendata para perusahaan yang berkecimpung di beberapa segmen seperti perbankan, asuransi, klab olahraga dan atau glof club untuk menyasar segmen panggunaan media promo dengan kaos promosi polo.
Beberapa segmen perusahaan lain yang bisa dituju adalah perusahaan jasa serta perusahaan yang membutuhkan kredibilitas yang diusung dalam program promo mereka. Sebagai contoh, perbankan adalah industri yang memerlukan kepercayaan calon nasabah mereka, biasanya gimmick atau promosi berupa boneka, jam dinding dan kaos promosi polo. Pemilihan kaos promosi polo dibandingkan dengan kaos promosi oblong sebagai media promosi perusahaan perbankan, selain modelnya yang memberi kesan resmi, juga bisa memberikan kesan rapih dan terpercaya.
Untuk jenis model kaos promosi kerah, selain dari bahan dan jumlah kancing serta penambahan elemen kantong, kaos promosi polo juga bisa menampilkan sablon di bagian belakang kaos promosi atau bahkan bagian depan, ada juga yang memproduksi kaos promosi polo lengan panjang, meski biasanya polo shirt ini diproduksi dengan model lengan pendek.
Kaos promosi polo sebagai media promosi adalah pilihan tepat, fungsinya akan sangat berguna bagi konsumen, bagi produsen pemilihan media berpromosi yang sesuai dengan kredibilitas yang ingin dibangun dan tentu saja harga yang murah adalah pilihan yang tepat. Selain itu, polo shirt juga telah menjadi mode yang tidak lekang oleh waktu, jadi bagi perusahaan yang menginginkan kaos promosi promo mereka tetap digunakan oleh konsumen bukan hanya sebagai souvenir saja, kaos promosi kerah adalah pilihannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar